Wayang Beber Gelaran

Wayang Beber yang ada Gelaran Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul DI Yogyakarta mempunyai nama: Wayang Beber KYai Remeng Mangunjaya. Pemiliknya adalah keturunan ke tujuh dari Kyai Remeng Mangunjaya yaitu Ki Supar.
''Wayang beber merupakan gambar, lukisan pada lembaran yg terbuat dari kulit tanaman, dan dimainkan oleh seorang dalang yang tinggal menceritakan saja isi atau urut-urutan ceritanya dari lukisan yang dibentangkan,'' ujar Rubiyem.

Dalang menceritakan gambar pada lembaran kertas ukuran 3,8 meter x 75 cm dibantu dengan alat penunjuk gambar terbuat dari kayu kecil sepanjang satu meter. Lalu dalang menunjuk gambar dan mulailah dia bercerita sesuai dengan lukisan yang ditunjuknya.

Wayang beber milik Rubinem merupakan warisan turun-temurun dari leluhurnya. Menurutnya, dia pewaris generasi ke-15 yang harus menjaga keutuhan peninggalan tradisional tersebut.

Wayang miliknya terdiri atas enam gulungan, namun hanya empat gulungan yang selama ini dipentaskan. Gambar dalam empat gulungan menceritakan perjalanan cinta Panji Asmorobangun dan Galuh Condrokirono yang berasal dari Babad Kediri. Dua gulungan lain tidak boleh dipentaskan atas permintaan para leluhur dengan alasan yang belum jelas.
Arkeolog Drs.M.M menerangkan bahwa Wayang Beber yang ada di Wonosari hadir kira-kira pada jaman Raffles (1811-1816). Wayang Beber Wonosari mempunyai persamaan dengan Wayang Beber Pacitan yaitu bahan dan cerita wayang yang berkisah pada kerajaan Kediri serta Majapahit.

1 komentar:

  1. permisi... saya ingin mengunduh salah satu foto Wayang Beber Anda untuk disertakan dalam artikel wayang saya dan teman2. Saya sudah mencantumkan link blog anda pula di dalam artikel tersebut. Monggo diakses pada http://gudangarkeologi.blogspot.com/2012/06/wayang-indonesia-bag-1.html

    terimakasih..

    BalasHapus

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Cave Tubing Goa Pindul and Blogger Themes.